Inilah Tips Mengelola Keuangan Pribadi

Setiap orang tentu berharap punya penghasilan yang besar, tapi tahukah kamu bahwa yang paling menjadi hal pentingnya yaitu dapat menikmati hasil usaha kalian. Tapi terkadang kita sulit untuk menikmati uang dari hasil kerja kita karena pengelolaan uang yang kurang baik.Sangat menyedihkan jika kita punya gaji atau penghasilan yang besar, katakan saja di atas Rp20 juta tapi jumlah utang dan tagihan kita lebih dari 70 persen dari penghasilan dan kita tidak bisa menabung atau berinvestasi.Penghasilan sebanyak apapun tidak akan menjamin kesejahteraan hidup kita jika kita tidak mengatur keuangan pribadi yang baik.

Bahkan orang kaya sekalipun mereka akan ditimpa stres hingga frustrasi jika tidak mengatur keuangan slot gacor mereka dan menata pendapatan dan pengeluarannya.Masalah finansial tentu akan membuat kepala pusing dan tidak bisa tidur. Sebelum masalah finansial semakin menumpuk, lebih baik benahi satu persatu dari hal yang sederhana dan melanjutkan ke tahap yang berikutnya.Mari ikuti cara berikut ini dalam mengatur keuangan yang akan membuat kehidupan finansial lebih baik, bahkan terhindar dari jerat utang konsumtif.

Membuat Catatan Keuangan Pribadi

Jika tidak membuat catatan keuangan pribadi, maka kita tidak bisa mengatur keuangan pribadi dengan baik. Kegunaan catatan pribadi sangatlah banyak. Cara ini merupakan cara dasar yang bisa kita lakukan untuk mulai membangung keuangan kalian yang lebih baik kedepannya tentu kalian pasti tidak mau kan uang sebelum tanggal gajian sudah habis lagi. Jika cara ini konsisten kita lakukan, maka keuangan pribadi akan tertata dengan baik dan tidak berantakan.Fungsi dari catatan keuangan pribadi adalah untuk melacak kemana saja kita membelanjakan penghasilan yang kita dapatkan.selain itu kita bisa mengetahui pengeluaran apa saja yang bisa kita kurangi (jika itu tidak terlalu perlu) yang hanya membuat nominal pengeluaran bertambah.

Sedia Dana Darurat

Menyisihkan sedikit uang dari penghasilan juga penting, karena itu langkah ini bisa Kalian lakukan sebagai cara mengatur keuangan pribadi. Tidak ada keharusan berapa nominal yang harus disisihkan tiap waktunya. Pastikan saja untuk kalian jika ada keperluan yang terdesak kalian sudah menyiapkan dana darurat kalian.

Hindari Berhutang

Menjadi orang yang konsumtif ini sangat merugikan, apalagi suka utang konsumtif. Jangan terlalu mudah untuk berpikir meminjam uang hanya untuk memenuhi keinginan bukan kebutuhan. Coba jika kalian merasa kurang jangan sesekali untuk mencoba berhutang dan mencoba untuk hidup berkecukupan ya guys.Itulah berbagai cara mengatur keuangan pribadi yang bisa Anda lakukan. Dengan pengaturan keuangan yang baik, Anda bisa memiliki kondisi finansial yang lebih stabil dan tertata. Jadi, jangan lupa untuk melakukan berbagai pengaturan keuangan diatas ya!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Post